Memilih Kamera Digital yang Baik

oleh: Ariyani Lutfita
 
DUNIA fotografi sekarang ini benar-benar mengalami perubahan yang drastis. Masa-masa mengisi gulungan plastik yang dicampur dengan bahan-bahan kimia di belakang sebuah kamera tampaknya akan berakhir. Kebosanan menunggu film diproses di lab pun akan berakhir. Era kamera digital sekarang ini sudah menyeliputi siapa saja, dan semua orang akan mencoba pengalaman baru dan memanfaatkan kemajuan yang dicapai dalam teknologi kamera ini. Memang, di sisi lain kita masih melihat kalau kamera digital sekarang ini masih menyimpan kemiripan dengan kamera yang selama ini kita kenal. Bentuk kotak yang terbungkus plastik atau kerangka besi ringan masih tetap melekat dengan lensa yang mengatur ketajaman fokus maupun aperture dan shutter yang mengatur berapa banyak cahaya yang bisa masuk ke dalam kamera. Perbedaannya hanya tidak adanya rol film yang selama ini kita kenal.
Pilihan kamera digital di pasaran sekarang ini pun beragam macam. Jasa fotografi yang biasanya dilakukan oleh perantara sebuah lab foto, sekarang mulai diambil alih oleh situ-situ Web di jaringan Internet. Teknologi kamera digital yang dimulai dengan gambar-gambar beresolusi rendah, sekarang sudah jauh berkembang dibanding lima tahun lalu dan tetap mampu mempertahankan semboyan "lebih indah dari aslinya".
Ada begitu banyak yang perlu dipertimbangkan ketika mencari kamera digital yang terbaik sesuai dengan kebutuhan anda. Hal ini penting untuk menentukan fitur apa yang paling utama bagi anda. Faktor utama selain harga dalam menilai kamera digital yang terbaik bagi anda seperti:

  • Ukuran dan berat kamera digital yang terbaik untuk seseorang berbeda dengan orang lain. Jika anda menginginkan sebuah kamera yang ringan dan dapat diselipkan ke dalam saku atau tas maka kamera ultra-ringan mungkin akan menjadi kamera digital yang terbaik untuk kebutuhan anda. Biasanya kamera seperti ini adalah kamera paling simpel karena mereka menawarkan cara pemakaian yang praktis dan merupakan kamera digital yang terbaik untuk pemula. Pada ujung lain dari skala ukuran dan berat ada kamera yang beratnya mulai 0,5 kg yaitu kamera SLR untuk fotografer 'serius' yang ingin kamera digital yang terbaik dengan semua aksesori untuk mengambil gambar yang sempurna.
  • Ketahui resolusi kamera yang terbaik untuk kebutuhan anda. Resolusi mempengaruhi rincian gambar untuk kualitas pencetakan dan semakin tinggi resolusi semakin baik detail foto. Kamera digital yang terbaik untuk mencetak foto ukuran standar memiliki resolusi lebih rendah daripada jika anda ingin membuat cetakan foto ukuran besar.

    Kamera digital yang terbaik untuk dapat mengedit dan memanipulasi foto anda adalah kamera dengan resolusi yang paling besar yang ada saat ini. sehingga anda dapat memotong gambar dengan software pengedit foto dan masih dapat mencetaknya ukuran penuh.
  • Jumlah kontrol yang anda miliki juga akan menjadi masalah dalam mencari kamera digital yang terbaik. Beberapa orang berpikir bahwa kamera digital yang terbaik adalah kamera yang  dapat digunakan dalam mode otomatis dan biarkan kamera melakukan pekerjaan. Yang lain memilih kamera digital yang terbaik yang memungkinkan mereka lebih banyak menentukan setingan dalam proses kreatif secara manual menyesuaikan fokus, kecepatan, aperture dan pengaturan lainnya.
Bagian selanjutnya dalam memutuskan kamera digital yang terbaik untuk dibeli adalah adanya fitur tambahan yang anda inginkan.