Macam-Macam Software Aplikasi: Flash untuk multimedia

Oleh: Diana Intan Octaviani
Software atau perangkat lunak adalah serangkaian perintah yang dijalankan oleh computer untuk melakukan fungsi yang spesifik pada computer. Software adalah bagian yang sangat penting dalam melakukan pekerjaan dengan penggunaan computer. Software (perangkat lunak) adalah bagian sistem komputer yang tidak berwujud. 
Macam-macam software aplikasi yang dapat memanfaatkan langsung kemampuan computer, untuk melakukan tugas oleh user. Macam-macam software yang biasanya kita jumpai adalah software office, untuk membantu dalam mengerjakan pekerjaan kantor yang berhubungan dengan dokumen dan pengolahan angka, lalu grafis membantu dalam pekerjaan-pekerjaan olah gambar dan software multimedia yang membantu dalam megerjakan multimedia. Jika diatas menerangkan tentang aplikasi software sekarang akan dibahas mengenai system operasi (OS). System operasi merupakan seperangkat program yang mengelola perangkat keras (hardware) sebagai pendukung dan sebagai penyedia layanan umum untuk aplikasi software. System operasi ini adalah yang paling penting dari perangkat lunak karena tanpa system operasi user tidak dapat menjalakan program aplikasi pada computer mereka.
Macam-macam software aplikasi, jika tadi sedikit dibahas beberapa software, disini akan dibahas mendalam mengenai software multimedia untuk pendidikan yang biasanya dikemas untuk pembelajaran interaktif, bahkan saat ini sudah dapat diinstal dalam handphone smartphone android. Kecanggihan teknologi memang sangat cepat, memugkinkan sekali untuk generasi masa depan belajar tidak menggunaka buku dan alat tulis melainkan menggunakan gadget seperti tablet ataupun smartphone. Dengan hadirnya teknologi multimedia proses belajar mengajar dikemas dengan program-program aplikasi pendidikan yang menarik seperti konsep animasi 3D secara efisien dan efektif dengan pembelajaran yang dirancang secara sistematik, komunikatif, dan interaktif selama proses pembelajaran. Dengan hadirnya macam-macam software multimedia seperti untuk membuat animasi menggunakan adobe flash lalu animasi 3D menggunakan blender max dan media pembelajaran yang dapat diinstal di android antara lain: exe learning, hot potato dan masih banyak lagi.
Macam-macam software aplikasi ini sangat membantu untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif karena dalam pendidikan, multimedia tetap berfungsi sebagai alat, metode dan pendekatan untuk menjalin komunikasi antara guru dengan siswa selama proses belajar mengajar. Dari macam-macam software untuk pembelajaran mengapa software multimedia yang banyak dikembangkan? Karena, konsep multimedia sendiri addalah konsep multicomputer yang terdiri dari hardware dan software yang memberikan kemudahan untuk menggabngkan gambar, video, grafis, animasi, suara dan teks yang dikendalikan dengan program computer. Karakteristik dari multimedia sendiri adalah:
1.      Memiliki lebih dari satu media yang konvergen
2.      Bersifat interaktif
3.      Bersifat mandiri, maksudnya memudahkan user dalam pengoprasiannya

Format multimedia pembelajaran adalah:
1.      Tutorial
Format Multimedia pembelajaran  tutorial adalah penyampaian materinya dilakukan layaknya guru atau instruktur. Informasi yang disampaikan berisi suatu konsep dengan teks, gambar, dan grafis.
2.      Drill and practice
Format multimedia pembelajaran drill and practice ini untuk melatih user agar memiliki keahlian pada suatu ketrampilan. Dalam program media ini ditampilkan soal/pertanyaan secara acak, jadi setiap kali menggunakan aplikasi ini soal/pernyataan yang ditampilkan berbeda
3.      Simulasi
Format multimedia pembelajaran simulasi adalah mencoba menyamakan proses dinamis didunia nyata, misalnya mensimulasikan mobil.
4.      Percobaan atau eksperimen
Format multimedia pembelajaran eksperimen (mencoba) mirip dengan simulasi, namun lebih kepada kegiatan-kegiatan eksperimen seperti di lab biologi atau kimia
5.      Permainan
Format multimedia pembelajaran permaianan yang disajikan tetap mengacu pada proses pembelajran, agar terjadi aktifitas belajar sambil bermain