Media pembelajaran Online

Media pembelajaran Online atau berbasis internet adalah salah satu bentuk sarana belajar jarak jauh dengan menggunakan fasilitas internet atau bisa di simpulkan dengan hidup di dunia maya, berselancar mencari informasi yang di butuhkan dan belajar mengoperasikan komputer atau laptop. Sehingga banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari adanya internet. Mereka yang mungkin sedang berjauhan disana, bisa memanfaatkan adanya internet untuk tetap bisa berkomunikasi. Sebenarnya apa sih, perbedaan internet dengan online? yupz, disini akan kita jabarkan mengenai perbedaan itu, internet sendiri merupakan jaringan daripada komputer yang biasa menghubungkan dengan situs-situs, sedangkan online sendiri diartikan sebagai suatu kondisi dimana kita sedang terhubung dengan layanan suatu sistem jaringan. Nah, kenapa internet atau online bisa disebut dengan pendidikan jarak jauh, sebelum kita pelajari lebih lanjut tidak ada salahnya jika kita menyamakan persepsi tentang apa itu pendidikan jarak jauh.

Pendidikan jarak jauh bisa disebut dengan pendidikan tanpa tatap muka, karena disini subyek dan obyek atau guru dengan murid tidak saling berhadapan, artinya peserta didik tidak harus bergantung kepada seorang pengajar hanya untuk memperoleh materi pelajaran, tetapi peserta didik dituntut untuk aktif mencari bahan materi sendiri salah satunya dari internet, walaupun tidak saling bertatap muka tetapi pendidikan jarak jauh mempunyai keistimewaan yaitu  komunikasi dua arah lho, yang maksudnya adalah apabila ada tanggapan atau pertanyaan dari siswa, siswa tersebut bisa memberikan komentar dan kemudian di tanggapi oleh guru.
Sarana belajar online, apakah metode tersebut bisa efektif? Tentu saja bisa, semua sumber belajar jika di manfaatkan secara optimal pasti akan berdayaguna besar dan memiliki efektifitas yang tinggi tergantung dari seberapa besar minat siswa untuk menggunakan ataupun memanfaatkannya, sebenarnya tanpa kita sadari wawasan pengetahuan yang kita peroleh sekarang ini sebagian besar juga di pengaruhi oleh akses internet, kenapa tidak misalnya kita sedang mencari tugas kuliah dari internet website yang kita ketik pasti akan bermunculan banyak dan setidaknya kita akan membacanya untuk memilih yang paling tepat sesuai dengan tugas kita.