Jenis-Jenis Aplikasi Software Application: Adobe Flash

Penulis: LAILATUL AINIYAH
 
 
Sebelum membahas mengenai jenis-jenis software komputer, ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu software. Software atau perangkat lunak adalah program yang berisi perintah atau instruksi untuk melakukan pengolahan data. Software ini merupakan bagian dari sistem komputer yang tidak berwujud namun amat penting dalam melakukan pekerjaan dengan menggunakan komputer. Berdasarkan kegunaanya sendiri, software komputer dibagi menjadi empat jenis diantaranya sistem operasi (software system), bahasa pemrograman (software bahasa), program aplikasi (software application), program bantu (software utility).

Sistem operasi (software system) merupakan perangkat lunak yang berfungsi mengorganisasikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer. Contoh dari sistem operasi diantaranya Microsoft Windows, UNIX, LINUX, dan Macintosh. Bahasa pemrograman (software bahasa) merupakan sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar mempunyai fungsi tertentu. Contoh dari bahasa pemrograman diantaranya HTML, PHP, ASP, Delphi, Bahasa C, Visual Basic, Pascal, C++, dan PERL. Program aplikasi (software application) merupakan suatu program yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Contoh program aplikasi diantaranya Microsot Word atau Microsoft Office Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access, Microsoft Outlock,  Adobe Photoshop, Adobe Dreamweaver, Adobe Flash, Adobe Acrobat, Mozila Firefox, Google Chrome, dan WinRar. Program bantu (software utility) merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi. Contoh dari program bantu diantaranya Kaspersky Antivirus, Windows Media Player, Winamp dan FLV Player.
Seperti yang sudah dijelaskan diatas mengenai jenis-jenis software komputer dan contohnya, kita akan membahas salah satu dari program aplikasi yang sangat bermanfaat dalam menunjang pembuatan media pembelajaran interaktif yaitu Adobe Flash.
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembuatan media pembelajaran yang interaktif dan dinamis. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML. Selain itu keuntungan lain menggunakan flash adalah movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan.
Selain adobe flash yang telah dijelaskan diatas, masih banyak lagi jenis-jenis software komputer yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pembelajaran agar efektif. Sedikit informasi dari artikel yang saya buat semoga bermanfaat bagi anda. Semangat dan terus berkarya.