Penggunaan Software Screen Capture Untuk Konten Pembelajaran

Oleh: Jati Muliawan 

 

Apa Itu Software Screen Capture?

Software Screen Capture pada zaman modern ini sangat banyak sekali, jumlahnya bisa sampai belasan. Akan tetapi nanti saya hanya akan mengulas dua aplikasi yang cukup terkenal, ringan, dan masih jarang digunakan oleh masyarakat awam. Sebelum membahas itu mari kita bahas sebenarnya apa sih Screen Capture itu? Iya, dalam terjemahan bahasa Indonesia Screen Capture berarti menangkap atau merekam layar. Maksudnya disini yakni segala aktiivitas dilayar computer kita dapat ditangkap lalu kemudian dijadikan video yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Misalnya kita ingin menjelaskan mengenai tool-tool kegunaan photoshop dan corel Draw, kita dapat langsung meng-capture nya dengan software screen capture, dengan catatan  software photoshop dan corel Draw tersebut sudah terbuka dilayar computer kita. Itu salah satu fungsi dari sekian banyak fungsi Software Screen Capture.

 

Macam-Macam Software Screen Capture

Seperti saya ulas diatas, saat ini banyak sekali software Screen Capture yang telah dikembangkan. Akan tetapi pada kesempatan ini saya akan mengulas dua aplikasi Screen Capture yang cukup terkenal dan mudah digunakan, yakni Snagit dan Camtasia.

       a.    Snagit
Snagit merupakan software pengganti paint. Iya, bila kita sering menggunakan print screen untuk menangkap layar lalu mengedit gambar tersebut di paint, maka Snagit bisa melakukan lebih dari itu. Snagit memiliki tiga fungsi utama, yang pertama, menangkap snapshot yang terjadi dilayar computer. Kedua,video capture yang dapat digunakan untuk merekam aktivitas layar computer seperti pergerakan mouse. Ketiga, web capture yang dapat digunakan untuk menangkap semua halaman dari sebuah situs web. Dari ketiga fungsi tersebut Snagit dinobatkan sebagai software Screen Capture terbaik saat ini. Selain itu Snagit juga ringan dan berukuran tidak terlalu besar. Ukuran software ini hanya sekitar 80 Mb. Akan tetapi kekurangan software ini adalah berbayar dan harganya yang tak menentu, walaupun ada sedikit yang menyediakan full version untuk software ini. Dalam pembuatan konten pembelajaran software ini sangat banyak membantu. Misalnya kita malas untuk mengetik, maka dapat menggunakan software ini untuk menangkap suatu artikel diweb, office word, dan sebagainya. Selain itu kita juga dapat menangkap berbagai gambar sekaligus. Fungsi seperti ini sangat berguna sekali bagi para guru misalnya guru PAUD untuk menjelaskan suatu gambar tertentu.

      b.    Camtasia
Apabila Snagit dinobatkan sebagai software terbaik karena multifungsinya, maka khusus untuk video capture screen Camtasia adalah yang terbaik. Camtasia adalah software video capture screen terbaik untuk saat ini. Kemudahan yang diberikan serta animasi yang menarik merupakan keunggulan dari software ini. Selain itu kita juga bisa menambahkan komentar audio saat kita sedang membuat video tutorial.  Animasi, tema, callouts juga dikemas menarik dalam aplikasi ini. Dalam pembuatan konten pembelajaran kita bisa membuat video presentasi, dengan software ini. Untuk ukurannya, software ini terbilang sedang yakni hanya 250 Mb,lebih besar ketimbang Snagit, tetapi untuk video capture memang Camtasia lebih baik daripada Snagit.