Model Media Pembelajaran 3 Dimensi



Oleh    : Siti Mahmudah

Bagi siswa penggunaan media tiga dimensi memberikan dampak yang positif misalnya mata pelajaran menjadi tidak monoton tidak hanya pada ceramah tetapi juga diselingi oleh interaksi antara guru dan siswa dalam pemanfaatan media. Sehingga siswa menjadi menyenangi pelajaran tersebut. Banyak model dalam media pembelajaran tiga dimensi yang berupa model boneka atau benda sesungguhnya. Model tiga dimensi merupakan  tiruan tiga dimensional dari beberapa objek nyata yang terlalu besar, terlalu jauh, terlalu kecil, terlalu mahal, terlalu jarang atau terlalu ruwet untuk dibawa ke dalam kelas dan dipelajari siswa dalam wujud aslinya, namun dengan model media tiga dimensi tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas yang sangat efektif, dengan berbagai macam model media pembelajaran tiga dimensi yaitu sebagai berikut :

1.      Model padat
Model padat biasanya memperlihatkan bagian permukaan luar dari objek dan membuang bagian-bagian yang membingungkan gagasan-gagasan utama dari bentuk, warna dan susunannya. Misalnya peta timbul, gunung api, pegunungan dan sebagainya.
2.      Model Penampang
Model penampang yaitu media tiga dimensi yang memperlihatkan bagaimana sebuah objek tampak, apabila bagian permukaannya dibuang untuk mengetahui susunan dalamnya, misalnya model penampang melintas dari lapisan bumi.
3.      Model susun
Model susun terdiri dari beberapa bagian objek yang lengkap atau sedikitnya suatu bagian penting dari objek itu. Misalnya peta yang terbuat dari kayu kemudian di susun bagian tersebut agar bermakna.
4.      Model kerja
Model kerja merupakan tiruan dari suatu objek yang memperlihatkan bagian luar dari objek asli dan mempunyai beberapa bagian dari benda yang sesungguhnya. Misalnya pembuatan alat pengukur kekuatan gempa (seismograg), pembuatan alat pengukur hujan (hygrometer), bendera angina, winscope tata surya dan sebagainya.
5.      Diorama
Diorama merupakan sebuah pemandangan tiga dimensi mini, bertujuan untuk menggambarkan pemandangan sebenarnya. Misalnya gua tiruan dengan bahan dari kertas semen bekas. Disana dapat dilihat stalaktit dan stalakmit, bisa juga dibuat mengenai lingkungan hidup.