Computer Asissted Instruction

 Oleh: Tifani Wida Saputri

Istilah Computer Asissted Instruction berasal dari kata Compute,
yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer
merupakan proses matematika hitungan.. Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya
digunakan sebagai sarana komputasi dan pengolahan kata (word processor) tetapi
juga sebagai sarana belajar multi media yang memungkinkan peserta didik membuat
desain dan rekayasa suatu konsep dan ilmu pengetahuan. Sajian media berbasis komputer dapat diartikan sebagai teknologi yang mengoptimalkan peran komputer sebagai sarana untuk
menampilkan dan merekayasa teks, grafik, dan suara dalam sebuah tampilan yang
terintegrasi. Dengan tampilan yang dapat mengkombinasikan berbagai unsur
penyampaian informasi dan pesan, komputer dapat dirancang dan digunakan sebagai
media teknologi yang efektif untuk mempelajari dan mengajarkan materi
pembelajaran yang relevan misalnya rancangan grafis dan animasi.

    Multimedia berbasis komputer dapat pula dimanfaatkan sebagai sarana dalam melakukan simulasi untuk melatih keterampilan dan kompetensi tertentu. Misalnya, penggunaan simulator kokpit
pesawat terbang yang memungkinkan peserta didik dalam akademi penerbangan dapat
berlatih tanpa menghadapi risiko jatuh. Contoh lain dari penggunaan multimedia berbasis komputer adalah tampilan multimedia dalam bentuk animasi yang memungkinkan mahasiswa pada
jurusan eksakta, biologi, kimia, dan fisika melakukan percobaan tanpa harus
berada di laboratorium. Berbagai jenis aplikasi teknologi komputer dalam
pembelajaran umumnya dikenal dengan istilah "Computer Asissted Instruction
(CAI)", atau dalam istilah yang suda diterjemahkan disebut sebagai
'Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK)".
    Istilah  CAI umumnya menunjuk pada semua software pendidikan yang diakse melalui
komputer di mana pengguna dapat berinteraksi dengannya. Sistem komputc dapat
menyajikan serangkaian program pembelaJaran kepada siswa, baik berup informasi
konsep maupun latihan soal?soal untuk mencapai tuJan tertentu, dan sism melakukan
aktivitas belajar dengan cara berinteraksi dengan sistern komputer. Sementai
dalam kedudukannya dapat dikatakan bahwa Computer Asissted Instruction adalah penggunaan komputer sebag, bagian integral dari sistem instruksional, di mana biasanya pengguna terikat
pac . interaksi dua arah dengan komputer. Menurut Kaput dan Thompson (1994), CA
diartikan sebagai bentuk bentuk pembelajaran yang menempatkan komputer dalam
pera guru. Sedangkan menurut Heinich (Said, 2000), CAI adalah suatu progra
pembelajaran yang dibuat dalam sistem komputer, di mana dalam menyampaikan
materi sudah diprograrnkan langsung kepada pengguna. Materi              pelajaran yang
sudah terprogram dapat disajikan secara serempak antara komponen gambar,
tulisan, wama, dan suara.
Sementara itu, penggunaan komputer dalam Computer Asissted Instruction lebih diarahkan pada penggunaan komputer sebagai "sarana atau media belajar"
yang dapat membantu tugas guru dalam menanarnkan suatu konsep kepada siswa,
serta melatih siswa tersebut dalam meningkatkan keterampilan yang dikehendaki.
Dalam CAI, peran guru dalam menyampaikan suatu materi dapat diganti oleh
program komputer. Dengan kelebihannya, komputer mempunyai kemampuan untuk
mengisi kekurangan?kekurangan yang terdapat pada guru.
    Program CAl mempunyai 2 (dua) karakteristik, yaitu: pertama, CAl merupakan integrated
multimedia yang dapat menyajikan suatu paket bahan ajar (tutorial) yang berisi
komponen visual dan suara secara bersamaan. Kedua, CAl mempunyai komponen
intelligence yang membuat CAI bersifat interaktif dan mampu memproses data atau
jawaban darl sipengguna. Kedua karakteristik inilah yang membedakan antara
program pembelajaran yang disajikan lewat CAI dengan program pembelajaran yang
disajikan lewat media lainnya. Umumnya program?program pembelajaran yang
disajikan lewat Computer Asissted Instruction terlihat lebih bermakna, karena mampu menyajikan suatu model pembelajaran yang bersifat interaktif.