Media Audio (Radio)



Telah banyak diketahui bahwa Media Audio merupakan media yang sangat sangat fleksibel, relatif murah, praktis dan ringkas serta mudah dibawa (portabel).  Media ini dapat digunakan baik untuk keperluan belajar berkelompok (group learning) maupun belajar individual( Genel Wilkinson, 1984). Media sebagai alat bantu pembelajaran selalu dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik. Maka dari itu banyak jenis media yang dapat digunakan sesuai dengan kondisi waktu, keuangan, maupun materi yang akan disampaikan. Setiap jenis media memiliki karakteristik dan kemampuan dalam menayangkan pesan dan informasi (Kemp, 1985). Sebagai contoh adalah kaset audio yang merupakan media auditif yang memberikan kontribusi maksimal untuk pembelajaran yang bersifat verbal seperti digunakan dalam pembelajaran bahasa dan bidang music.
Pemanfaatan media audio dalam pembelajaran dapat pula dikombinasikan denga media lain, seperti media cetak baik berbentuk teks maupun visual. Dalam  memanfaatkan media audio ada 3 model atau pola pembelajaran seperti:

a.       Terintegrasi dengan media cetak
Hal ini pemanfaatannya berbentuk modul/buku atau media cetak lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan peserta didik harus sabar dan teliti, sebab peserta didik harus berulang kali mematikan audio dikarenakan harus melihat modul dan memutar kembali audio untuk menyimak kembali. Pengintegrasian dapat secara murni maupun semi terintegrasi.
b.      Terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran di kelas
Dalam hal ini pemanfaatanya langsung diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Pada materi–materi tertentu memerlukan bantuan media audio.
c.       Dimanfaatkan secara berdiri sendiri sebagai media audio interaktif
Dalam model ini, melalui media audio peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, meski ajakan untuk ikut partisipasi tersebut sebenarnya hanyalah bersifat maya (semu). Dengan model interaktif seolah – olah terjadi komunikasi dua arah antara peserta didik dengan narrator yang membawakan materi pembelajaran dalam media audio.
Untuk model pertama dan ketiga dapat dimanfaatkan secara individu maupun kelompok, serta dalam tempat dan waktu sesuai kebutuhan. Dalam media audio diperlukan juga pengetahuan tentang strategi penyampaiannya. Strategi ini digunakan dalam pelaksaan proses pembelajaran. Ada tiga komponen yang perlu diperhatikan dalam menetapkan strategi penyampaian pembelajaran, yaitu :
a.       Media pembelajaran
b.       Interaksi siswa dengan media
c.       Bentuk (struktur) pembelajaran