Pengenalan Media Pembelajaran

Oleh:  Evi Okta Kholifasari

Kata media berasal dari bahasa latin ‘medius’ dan merupakan bentuk jamak dari medium yang bermakna perantara atau mengantar.Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi  menyampaikan pesan. Sedangakan pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar,pengajar dan bahan ajar. Dengan demikian media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Bila karena suatu hal media tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai penyalur pesan yang diharapkan,maka ia tidak efektif dalam arti tidak mampu mengkomunikasikan isi pesan yang ingin disampaikan oleh sumber kepada sasaran yang ingin dicapainya,oleh sebab itu dalam mendesain pesan untuk suatu media harus diperhatikan ciri-ciri atau karakteristik dari sasaran.
Media merupakan bagian integral dari keseluruhan sistem instruksional, Secara umum banyak manfaat media pembelajaran, baik manfaat bagi peserta didik ataupun bagi guru atau dosen.  Kegunaan media pembelajaran adalah membantu anak dalam memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa, dapat mempermudah siswa dalam memahami sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkrit,memperlancar interaksi antara guru dengan siswa, penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan, proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik,membantu guru untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup, tidak monoton dan tidak membosankan,dapat meminimalisir penafsiran yang berbeda antar guru.
Banyak sekali Macam-macam media pembelajaran. Banyak ahli yang menggolongkan jenis-jenis media pembelajaran ini. Secara umum terdapat empat jenis media pembelajaran yakni,Media Visual adalah media yang memberikan gambaran menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak. Media visual lebih bersifat realistis dan dapat dirasakan oleh sebagian besar panca indera kita khususnya indera penglihatan (grafik,diagram,chart,bagan,poster). Media audio adalah media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera pendengaran. Dengan kata lain media jenis ini hanya melibatkan indera dengar dan memanipulasi unsur bunyi atu suara semata.(radio,tape recorder,laboratorium bahasa). Projected Still Media (slide,OHP,infocus). Projected Motion Media (film,televisi,video,komputer).
Proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada  isi pesan,cara menjelaskan pesan dan karakteristik penerima pesan.  Beberapa prinsip yang perlu diperhatikan agar media pembelajaran dapat digunakan secara maksimal, efektif dan efisien (Rahardjo,1988),antara lain adanya kejelasan tentang maksud dan tujuan pemilihan media,untuk siapa,dipakai dimana,untuk keperluan apa. Familiaritas media,pengguna media harus mengenal sifat dan ciri-ciri media yang akan dipilih. Media pembanding,hal ini diperlukan untuk memberikan alternatif pertimbangan dalam rangka mengambil keputusan yang tepat tentang media yang akan dipergunakan. Adanya norma atau patokan yang akan dipakai dan dikenakan pada proses pemilihan.