Rekomendasi Jenis-jenis software untuk pembelajaran: Mengenal Hot Potatoes



Penulis : Akmal Yuditya A

Pertama kali mengenal hot potatoes, pasti banyak orang menyangka bahwa produk ini adalah sebuah produk makanan, bukan sebagai salah satu jenis-jenis software komputer. Hal tersebut tidaklah salah, saya (penulis) juga pertama kali mengenalnya sedikit terkejut karena hot potatoes merupakan sebuah software yang memiliki banyak fungsi. Sampai saat inipun saya masih bingung mengapa software ini dinamakan hot potatoes, namun dalam artikel ini, saya tidak akan mengulaskannya. Yang akan saya ulas dalam artikel ini tentunya fungsi software ini, yang memiliki kapasitas relatif kecil namun memiliki banyak fungsi.
Hot Potatoes merupakan software untuk membuat berbagai macam jenis soal. Mulai dari soal pilihan ganda, soal essay, soal campuran, bahkan soal dalam bentuk teka-teki silang yang tentu saja dapat menarik dalam hal pengembangan evaluasi pembelajaran. Keunggulan lain yang ditawarkan software ini antara lain yang harganya gratis alias free. Namun setelah dipelajari lebih jauh, software ini memiliki versi pro alias full version. Bila menggunakan software free atau versi trial, ketika kita akan mengembangkan soal pilihan ganda hanya dapat dibuat sebanyak 5 butir soal. Namun dengan versi pro-nya, jumlah soal yang dibuat tidak ada pembatasan. Walau bagaimanapun dengan software versi free-nya, saya kira sudah banyak fasilitas yang bisa kita manfaatkan dengan baik.
Lalu timbul pertanyaan, seperti apa wujud outputnya dan bagaimana pemanfaatan software ini selanjutnya? Mari kita ulas lebih lanjut. Software ini dapat menghasilkan berbagai jenis output file seperti dalam bentuk halaman web, file kompres (zip), file paket SCORM 1.2 yakni file paket yang mendukung konten aplikasi elearning dengan SCORM semacam moodle, efront dll. Dalam hal pengoperasiannya, menurut saya software ini tergolog user friendly. Pengguna yang ingin mengembangkan soal dengan Hot Potatoes tidak perlu memahami script-script ataupun paham dalam penggunaan html. Pengguna hanya tinggal memasukkan data soal maupun jawaban, selanjutnya software akan menampilkannya dalam bentuk halaman web.
Fasilitas apa saja yang ditawarkan dalam software ini? Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, banyak jenis soal yang bisa dibuat oleh pengguna. Fasilitasnya antara lain; Jquiz. Dalam Jquiz ini terdapat berbagai soal jenis pilihan ganda, soal isian singkat, soal pilihan ganda majemuk atau soal dengan pilihan jawaban lebih dari satu, dan gabungan antara soal isian singkat dan pilihan ganda.
Jcross. Fasilitas yang memberikan kemudahan pengguna dalam mengembangkan soal latihan berupa teka-teki silang. Pengoperasiannya pun cukup mudah Pengguna hanya menginput jawaban secara berurutan dengan mengklik perintah manage grid setelah itu pengguna hanya tinggal memberi clue untuk masing-masing jawabannya.
Jmix. Fungsinya untuk membuat latihan dengan menyusun kata yang telah diacak. JMatch untuk membuat latihan dengan model menjodohkan. Caranya dengan memasukkan katakata di sebelah kiri dan pasangannya di sebelah kanan. JCloze untuk menyusun soal latihan dalam bentuk fill in the blanks atau melengkapi kalimat. Pengguna memasukkan kalimat atau paragraf secara lengkap. Setelah itu, blok kata yang ingin dikosongkan dengan perintah gap dan bila perlu diberi clue maka ketika sudah diekspor dalam bentuk soal, akan ada bagian yang kosong. The Masher. Fasilitas ini berfungsi mengatur beberapa soal latihan dari kelima jenis fasilitas diatas dan juga menggabungkan semua jenis soal dalam satu latihan.
Hot Potatoes merupakan salah satu software yang memiliki beragam fungsi dalam pembuatan jenis-jenis soal. Hot Potatoes sendiri merupakan salah satu dari jenis-jenis software pembuat soal evaluasi seperti quandary, articulate, timeline dll. Namun dari software lainnya, menurut saya Hot Potatoeslah software yang paling mudah penggunaannya. Manfaatnya pun sangat besar khususunya pada bidang pendidikan karena dapat membuat latihan pengajaran interaktif berbasis Web yang tentunya dapat mengikuti zaman sekarang yang merupakan zaman serba online.