Pembelajaran Berbasis Web di Sekolah


Di seluruh pelosok dunia ini Pendidikan merupakan faktor yang paling penting untuk membentuk sebuah bangsa yang maju dan dapat melahirkan generasi muda penerus yang cerdas, namun disini banyak masalah yang sering dihadapi diantaranya adalah pemeratan antara daeah yang satu dengan lainnya kurang memiliki dukungan fasilitas yang ada pada tiap sekolah. Hal ini bisa karena faktor letak geografis suatu sekolah tertentu. Dengan demikian ini seharusnya menjadi pemikiran serius terutama pada komponen-komponen sekolah dan kebijakan derah yang mendukungnya.
Dalam mengatasi masalah tersebut maka di masing-masing sekolah dapat menggunakan berbagai media salah satunya adalah  internet, sehingga dengan begitu para siswa tidak akan ketinggalan informasi dan berbagai macam perkembagan ilmu pengetahuan. Bahkan bila perlu usahakan ditiap-tiap kecamatan memiliki internet, terutama di derah terpencil karena hal ini sangat berguna bagi para siswa untuk dapat mengakses informasi lebih luas, tidak hanya informasi di Negara sendiri juga dapat mengakses informasi dari luar negri, selain itu juga internet dapat digunakan untuk menjalin komunikasi dengan banyak orang dari berbagai tempat seiring dengan hal tersebut menjadi perhatian penting guna mengimbangi era teknologi yang telah menjadi tren nasional maka tidak terkeculi sekolah juga memanfaatkan sarana berbasis web.

Dalam pemanfaatan media internet di sekolah dikenal dengan e-education. internet telah menjadi ajang eksplorasi oleh para ahli khusus di bidang pendidikan, berbagai peluang telah tercipta.sejak intenet difungsikan sebagai sarana pendidikan pada tahun 1990-an, maka denyut nadi pendidikan seakan tak pernah berhenti. Sekolah-sekolah vitual di buka selama 24 jam penuh untuk melayani para siswa.
e-education merupakan suatu istilah yang digunakan untuk memberi nama pada kegiatan-kegiatan pendidikan yang dilakukan melalaui internet. Selain itu,juga lahir istilah-istilah serva’e’ seperti e-learning,e-book,e-news,e-library dan berbagai istilah lainnya. Isitilah-Istilah itu menunjukan bahwa kegiatan-kegiatann yang menyertai pendidikan tersebut juga memnfaatkan internet.
Melalui internet, seakan-akan sekolah membuka kelas di berbagai lokasi, karena siswa-siswai di berbagai belahan dunia dapat langsung mengakses situ webnya dan mengikuti perkembangan ilmu pendidikan hanya dari komputer yang berda di depannya.Di samping itu
siswa-siswa dapat melakukan komunikasi secara lagsung melalui melalui berbagai macam situs yang tersedia di dalam internet.
Dari pernyataan yang dipaparkan diatas dapat kita ambil kesimpulanya bahwa internet memiliki manfaat yang sangat besar dalam dunia pendidikan untuk pengembangan sekolah baik itu dari para siswa itu sendiri yang dapat memperoleh ilmu pengetahuan dengan sangat mudah dan lebih memudahkan untuk para guru guna mengembangkan pengembangan-pengembangan ilmuannya, walupun di sini tidak dapat dipungkiri bahwa dampak-dampak negative dari internet juga masih harus diperhatikan terutama oleh pendidik yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga guru diharapkan untuk mengawasi para siswa-siswi dari pengaruh-pengaruh negative internet termasuk situs-situs porno.