Oleh: Evi Okta Kholifasari
Kata media berasal dari bahasa latin
‘medius’ dan merupakan bentuk jamak dari medium yang bermakna perantara atau
mengantar.Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan. Sedangakan pembelajaran
adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar,pengajar dan bahan ajar.
Dengan demikian media pembelajaran
adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Bila
karena suatu hal media tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai
penyalur pesan yang diharapkan,maka ia tidak efektif dalam arti tidak mampu
mengkomunikasikan isi pesan yang ingin disampaikan oleh sumber kepada sasaran yang
ingin dicapainya,oleh sebab itu dalam mendesain pesan untuk suatu media harus
diperhatikan ciri-ciri atau karakteristik dari sasaran.
Media merupakan bagian integral dari
keseluruhan sistem instruksional, Secara umum banyak manfaat media
pembelajaran, baik manfaat bagi peserta didik ataupun bagi guru atau dosen. Kegunaan media pembelajaran adalah membantu
anak dalam memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa, dapat mempermudah
siswa dalam memahami sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkrit,memperlancar
interaksi antara guru dengan siswa, penyampaian materi pembelajaran dapat
diseragamkan, proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik,membantu guru
untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup, tidak monoton dan tidak
membosankan,dapat meminimalisir penafsiran yang berbeda antar guru.
Banyak sekali Macam-macam media
pembelajaran. Banyak ahli yang menggolongkan jenis-jenis media pembelajaran
ini. Secara umum terdapat empat jenis media pembelajaran yakni,Media Visual
adalah media yang memberikan gambaran menyeluruh dari yang konkrit sampai
dengan abstrak. Media visual lebih bersifat realistis dan dapat dirasakan oleh
sebagian besar panca indera kita khususnya indera penglihatan
(grafik,diagram,chart,bagan,poster). Media audio adalah media yang isi pesannya
hanya diterima melalui indera pendengaran. Dengan kata lain media jenis ini
hanya melibatkan indera dengar dan memanipulasi unsur bunyi atu suara semata.(radio,tape
recorder,laboratorium bahasa). Projected Still Media (slide,OHP,infocus).
Projected Motion Media (film,televisi,video,komputer).
Proses pembelajaran
untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada isi pesan,cara menjelaskan pesan dan
karakteristik penerima pesan. Beberapa
prinsip yang perlu diperhatikan agar media pembelajaran dapat digunakan secara
maksimal, efektif dan efisien (Rahardjo,1988),antara lain adanya kejelasan
tentang maksud dan tujuan pemilihan media,untuk siapa,dipakai dimana,untuk
keperluan apa. Familiaritas media,pengguna media harus mengenal sifat dan
ciri-ciri media yang akan dipilih. Media pembanding,hal ini diperlukan untuk
memberikan alternatif pertimbangan dalam rangka mengambil keputusan yang tepat
tentang media yang akan dipergunakan. Adanya norma atau patokan yang akan
dipakai dan dikenakan pada proses pemilihan.