Membuat Media Pembelajaran dengan ExeLearning



oleh: Ade Eva Fitri Padma Puspita 
 
Pembelajaran berbasis web merupakan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media website yang dapat diakses melalui jaringan internet. Pembelajaran berbasis web saat ini menjadi salah satu favorite masyarakat modern dalam belajar. Efisiensi waktu sehingga siswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun tanpa terbatas oleh tempat, dimana guru dan murid tidak harus berada dalam satu tempat yang sama untuk melakukan pembelajaran. Selain itu siswa dapat belajar kapan pun ia mau dengan mengakses modul atau materi yang telah diupload guru.
Saat ini mudah sekali ditemui jenis-jenis software untuk mendukung pembuatan media pembelajaran berbasis web. Seperti magazine maker, book maker, camtasia dan masih banyak lagi.

ExeLearning merupakan salah satu dari banyaknya jenis-jenis software yang dapat digunakan dalam membuat pembelajaran berbasis web. ExeLearning sangat mudah digunakan, tanpa memiliki kemampuan bahasa pemrogramam pun kita dapat membuat konten pembelajaran. Selain itu, dengan menggunakan ExeLearning kita dapat membuat soal dengan tipe pilihan ganda, jawaban singkat, benar salah dan kuis sehingga dapat dijadikan sebagai alternative ujian untuk siswa.
Dalam pembuatan konten, Exe telah memiliki format tersendiri. Sehingga pengguna hanya tinggal mengedit untuk membuat judul dan mengisi serta menambah halaman yang diinginkan.
Hasil pembuatan media di ExeLearning ini dapat juga dijalankan di android dengan terlebih dahulu mengupload file zip media yang telah dibuat ke PhoneGap.com. Melalui PhoneGap.com kita bisa mendapatkan file APK yang nantinya diinstal di ponsel android.
Tampilan ExeLearning yang sederhana dapat memudahkan user pemula dalam membuat atau menggunakannya. Namun tampilan yang sederhana ini pula dan terkesan kurang menarik membuat pengguna menjadi mudah bosan. Hampir semua file baik JPEG, PNG, GIF hingga kuis dapat dijalankan di ExeLearning. Hanya file berbentuk flash yang tidak dapat ditampilkan dalam produk hasil ExeLearning ini.
Banyaknya jenis-jenis software yang tersedia untuk membangun media pembelajaran berbasis web dan masing-masing software memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu kita perlu selektif dan usahakan untuk melakukan anasila kebutuhan untuk menemukan software yang cocok dengan media pembelajaran yang akan dibuat nantinya.