Sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran, pemilihan dan penggunaan
multimedia pembelajaran harus memperhatikan karakteristik komponen lain,
seperti: tujuan, materi, strategi dan juga evaluasi pembelajaran.
Karakteristik
multimedia pembelajaran adalah:
2. Bersifat interaktif, dalam
pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
3. Bersifat mandiri, dalam pengertian
memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa
menggunakan tanpa bimbingan orang lain.
Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran
sebaiknya memenuhi fungsi sebagai berikut:
1.
Mampu memperkuat respon pengguna
secepatnya dan sesering mungkin.
2.
Mampu memberikan kesempatan kepada
siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
3.
Memperhatikan bahwa siswa mengikuti
suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
4.
Mampu memberikan kesempatan adanya
partisipasi dari pengguna dalam bentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan,
keputusan, percobaan dan lain-lain.